Logika dan Algoritma Latihan UTS


a.Membuat program
*b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses

2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut :
a. Proses 
b. Program
*c. Algoritma
d. Prosesor

3. Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa :
a. Bahasa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemrograman
*d. Sembarang bahasa asal terstruktur

4. Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
*a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program

5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
*d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi– Hasil

6. Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a.10
b. 15
*c.10 atau 15
d. 10 dan 15

7. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :
a. Merah
*b. Ungu
c. Hijau
d. Putih

8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan nilai Q menjadi :
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
*c. Q tetap
d. Menjadi 0

9. Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a. a=0 , b=5
b. a=10, b=5
c. a=10 , b=0
*d. a=10, b=10

10. Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah:
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
*c. 15 dan 15
d. 10 dan 15

11. Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada Pascal programming , adalah :
a. IF
*b. Boolean
c. Integer
d. Character

12. Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
a. Real
*b. Boolean
c. Integer
d. Character

13. Program Pascal dirancang pertama kali oleh :
a. Al Khawarizmi
b.Blaise Pascal
*c. Prof. Niklaus Wirth
d. Borland

14. Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai pendahulu dari suatu variabel disebut
a. ORD
b. SUCC
*c. PRED
d. DIV

15. Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
a. IF
*b. AND, OR, NOT
c. True, False
d. CASE

16. Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
*a. Terminal
b. Preparation
 c. Decision
d. Input

17. Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan flowchart menggunakan simbol….

*d






18.Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung dalam satu halaman yang sama adalah …...

*a





19. Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang menggunakan bahasa awam disebut :
a. Algoritma
b. Flowchart
*c. Pseudocode
d. Program

20. Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk mencetak keluaran adalah….

 *c





21. Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan (looping) adalah :
a. For …. End
b. While Do
c. Repeat Until
*d. Case_and(x)

22. Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
a. Branching
*b. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif

23. Diberikan penggalan algoritma : while (x>7) do
x=x-1;
write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 9
*d. 8, 7

24. Diberikan penggalan algoritma : repeat
write (x) ; x=x-1
until x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
*a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 9
d. 8, 7

25. Diberikan penggalan algoritma : repeat
x=x+1 ; write (x)
until x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8          *unknown
c. 9
d. 8, 7

26. Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari contoh proses :
a. Iteratif
b. Transitif
*c. Rekursif
d. Branshing

27. Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut proses :
a. Iteratif b. Transitif
*c. Rekursif d. Branching

28. Rekursif adalah :
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
*b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping

29. Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya adalah :
a. 2n +1
*b. 2n -1
c. 2n+1
d. 2n-1

30. Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah , maka diperlukan pemindahan sebanyak :
a. 19 kali
*b. 63 kali
c. 31 kali
d. 32 kali
==============================
1.tambahan

porgram C++ dirancang oleh?
-dennis ritchie

tipe data yang digunkan untuk menampung sebuah karakter?
-string

=============================

Kunci Jawaban
1. B
2. C
3. D
4. A
5. D
6. C
7. B
8. C
9. D
10. C
11. B
12. B
13. C
14. C
15. B
16. A
17. D
18. A
19. C (referensi lain ini adalah model pseudocode)
20. C (bisa juga B)
21. D case untuk percabangan sama dengan IF
22. B
23. D. COBA DIPIKIRKAN YA CARANYA
24. A
25. jawaban tidak ada. Coba cari berapa jawabannya …….
26. A
27. C
28. B
29. B
30. B

source:
http://studyatcampus.blogspot.com/2010/11/logika-dan-algoritma-latihan-uts.html